Jumat, 23 November 2012

ISD sebagai salah satu MKDU


ISD sebagai salah satu MKDU:
  
     - Pengertian Ilmu sosial dasar : Adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.

    - Tujuan Ilmu Sosial Dasar:

1.       Memahami & menyadari adanya kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah sosial didalam masyarakat.
2.       Peka terhadap masalah-masalah sosial & tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menaggulanginya.
3.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks & hanya dapat mendekati & mepelajarinya secara kritis-interdisipliner.
4.       Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

    - 3 kelompok ilmu pengetahuan : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Budaya/Humaniora

    - Perbedaan antara ISD dengan IPS :
1.       ISD diberikan di Perguruan Tinggi, sedang IPS diberikan di Sekolah Dasar & Sekolah lanjutan.
2.       ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
3.       ISD diarahkan kepada pembentukan sikap & kepribadian, sedang IPS kepada pengetahuan dan keterampilan intelektual.

    - Persamaan antara ISD dan IPS :
1.      Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program  pendidikan/pengajaran.
2.       Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

       - 3 golongan bahan pembelajaran ISD:
1.       Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.       Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3.       Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar